Minggu, 05 April 2015

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Setelah postingan sebelumnya membahas tentang aplikasi dan produk perangkat lunak, kini kita akan membahas pengertian dari rekayasa perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak (software engineering) merupakan pembangunan dengan menggunakan prinsisp atau konsep rekayasa dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomi yang dipercaya dan bekerja secara efisien menggunakan mesin.

Perangkat lunak banyak dibuat dan pada akhirnya sering tidak digunakan karena tidak memenuhi kebutuhan pelanggan atau bahkan masalah non-teknis seperti keengganan pemakai perangkat lunak (user) untuk mengubah cara ekrja dari manual ke otomatis, atau ketidakmampuan user menggunakan komputer. Oleh karenaitu, rekayasa perangkat lunaj dibutuhkan agar perangkat lunak yang dibuat tidak hanya menjadi perangkat lunak yang tidak dipakai.

rekayasa perangkat lunak lebuh fokus pada praktik pengembangan perangkat lunak dan mengirimkan perangkat lunak yang bermanfaat kepada pelanggan. terdapat ilmu komputer yang lebih fokus pada teori dan konsep dasar perangkat komputer. rekayasa perangkat lunak lebih fokus pada bagaimana membuat perangkat lunaj yang memenuhi kriteria berikut :

·    Dapat terus dipelihara setelah pernagkat lunak selesai dibuat seiring berkembangnya teknologi dan lingkungan (maintainability).
·      Dapat diandalkan dengan proses bisnis yang dijalankan dan perubahan yang terjadi (dependability and robust)
·         Efisiensi dari segi sumber daya dan pengguna
·         Kemampuan untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan (usability)
Dari kriteria yang terdapat diatas maka pernagkat lunak yang baik adalah perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, atau user, atau berorientasi pada pelanggan atau pemakai perangkat lunak, bukan berorientasi pada pembuat atau pengembang perangkat lunak.

"Perangkat lunak yang baik adalah perangkat lunak yang fokus pada pengguna atau pelanggan."


Sumber : Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Indonesia: Informatika, 2014.

0 komentar:

Posting Komentar