Minggu, 05 April 2015

Kategori Rekayasa Perangkat Lunak

Postingan kali ini akan membahas tentang kategori maupun fase - fase dari perangkat lunakbeserta tantangan nya.

Pada rekayasa perangkat lunak dikategorikan ke dalam tiga buah kategori umum, setiap fase dialamatkan pada 1 pertanyaan atau lebih yang diajukan sebelumnya.

1.        Fase pendefinisian fokus pada "what"
Yang artinya harus mencari tahu atau mengidentifikasi informasi apa yang harus di proses, sepertiapa fungsi dan performasni yang diinginkan, seperti apa perilaku sistem yang diiinginkan, apa kriteria validasi yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sistem.

2.        Fase pengembangan yang fokus pada "how"
Yang artinya selama tahap pengembangan perangkat lunak seorang perekayasa perangkat lunak berusaha untuk mendefinisikan bagaimana data distruktur dan bagaimana fungsi yang dibutuhkan diimplementasikan, bagaiman karakter antar muka tampilan, bagaimana desain di translasikan ke bahasa pemrograman, dan bagaimana pengujiannya.

3.        Fase pendukung (support phase)
Fase ini berfokus pada perubahan yang terasosiasi pada perbaikan kesalahan, adaptasi yang dibutuhkan pada lingkungan perangkat lunak yang terlibat, dan perbaikan yang terjadi akibat perubahan kebutuhan pelanggan, pada fase pendukung terdapat 4 tipe perubahan, yaitu :

a.         Koreksi (correction)
meski terdapat jaminan kualitas yang terbaik, kecacatan atau keinginan pelanggan yang tidak terpenuhi oleh perangkat lunak. Pemeliharaan dengan memperbaiki kecacatan tersebut.
b.         Adaptasi (Adaption)
Pada saat tertentu lingkungan asli (contoh CPU, sistem operasi, karakteristik produk luar) dimana perangkat lunak dikembangkan akan mengalami perubahan . Pemeliharaan ini merupakan tahap untuk memoodifikasi perangkat lunak agar mengakomodasi perubahan lingkungan luar dimana pernagkat lunak dijalankan.
c.         Perbaikan (Enchancement)
Sejalan dengan digunakan perangkat lunak, maka pelanggan atau pemakainya akan mengenali fungsi tambahan yang dapat memberikan manfaat.
d.        Pencegahan (prevention)
Keadaan perangkat lunak komputer sangat di mungkinkan untuk perubahan, maka pemeliharaan pencegahan, atau disebut daur ulang sistem harus dikondisikan untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan yang diinginkan oleh pemakainnya.


Sumber : Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Indonesia: Informatika, 2014.

0 komentar:

Posting Komentar