Minggu, 05 April 2015

Pengertian Perangkat Lunak

Sebelum melakukan perancangan perangkat lunak, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud perangkat lunak tersebut.

Perangkat lunak (Software) adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan (user manual). Sebuah program komputer tanpa terasosiasi dengan dokumentasinya maka belum dapat disebut perangkat lunak (Software). Sebuah perangkat lunak juga sering disebut dengan sistem perangkat lunak. Pengertian dari sistem sendiri adalah kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin dicapai.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan  pengertian sistem perangkat lunak adalah sebuah sistem yang memiliki komponen berupa perangkat lunak yang memiliki hubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (customer).

Pengertian pelanggan (customer) sendiri adalah orang atau organisasi yang memesan atau memberli perangkat lunak (Software) dari pengembang perangkat lunak atau bisa dianggap bahwa pelanggan (customer) adalah orang atau organisasi yang dengan suka rela mengeluarkan uang untuk memesan atau memebeli perangkat lunak. User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentiangan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaannya.

Berikut karakter dari perangkat lunak :
1.   Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa (software engineering) bukan di produksi secara manufaktur atau pebrikan.
2.     Perangkat lunak tidak pernah usang ("wear out") karena kecacatan dlam perangkat lunak dapat diperbaiki.
3.  Barang produksi pabrikan biasanya komponen barunya akan terus diproduksi, sedangkan perangkat lunak biasanya terus diperbaiki seiring bertambahnya kebutuhan.

Demikian pembahasan tentang pengertian perangkat lunak, untuk postingan berikutnyakan dibahas tentang Aplikasi perangkat lunak dan jenis produk perangkat lunak.

Sumber : Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Indonesia: Informatika, 2014.


0 komentar:

Posting Komentar