Minggu, 05 April 2015

Aplikasi dan Produk Perangkat Lunak

Setelah postingan yang lalu membahas tentang Pengertian dan Karakter dari Perangkat Lunak, pada postingan kali ini akan membahas tentang aplikasi dari perangkat lunak :

1.        Perangkat lunak sistem (system software)
Perangkat lunak sistem (system software) adalah kumpulan program dalam hal ini program yang satuditulis untuk memenuhi kebutuhan program lainnya.
2.        Perangkat lunak waktu nyata (real-time software )
Perangkat lunak waktu nyata (real-time software ) merupakan perangkat lunak yang memonitor, menganalisa , mengontrol sesuatu secara waktu nyata (real-time). Reaksi yang dibutuhkan pada perangkat lunak harus langsung menghasilkan respon yang diinginkan.
3.        Perangkat lunak bisnis (Business software)
Perangkat lunak bisnis (Business software) merupakan perangkat lunak penggelola informasi bisnis (seperti akutansi, penjualan, pembayaran, penyimpanan).
4.        Perangkat lunak untuk keperluan rekayasa dan keilmuan (engineering and scienctific software)
Perangkat lunak untuk keperluan rekayasa dan keilmuan (engineering and scienctific software)  merupakan perangkat lunak yang menimplementasikan algoritma yang terkait dengan keilmuan ataupun perangkat lunak yang membantu keilmuan, misalnya perangkat lunak pada bisang astronomi, kesehatan dan lain sebagainya.
5.    Perangkat lunak tambahan untuk membantui mengerjaklan suatu fungsi dari perangkat lunak lainnya. (Embedded software)
Perangkat lunak tambahan untuk membantui mengerjaklan suatu fungsi dari perangkat lunak lainnya. (Embedded software) misalnya perangkat lunak untuk mencetak dokumen di tambahkan agar perangkat lunak yang memerlukan dapat mencetak laporan , maka perangkat lunak untuk mencetak dokumen ini disebut Embedded software.
6.        Perangkat lunak komputer personal (personal computerr software)
Perangkat lunak komputer personal (personal computerr software) merupakan perangkat lunak untuk PC misalnya perangkat lunak pemroses teks, pemroses grafik dan lainnya.
7.        Perangkat lunak berbasis web (web based software)
Perangkat lunak berbasis web (web based software) merupakan perangkat lunak yang dapat diakses dengan menggunakan browser.
8.        Perangkat lunak berintelejensian buatan (Artificial intrlligrnce software)
Perangkat lunak berintelejensian buatan (Artificial intrlligrnce software) merupakan perangkat lunak yang emnggunakan algoritma tertentu untuk mengelola data sehingga seakan - akan memiliki intelejensia bertambahanya data yang di proses.


Sedangkan produk  perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang (developer) perangkat lunak terdiri dari 2 jenis, yaitu :
·           Produk generik
produk generik merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak untuk dijual atau dipopulerkan (open source) tanpa ada yang memesan terlebih dahulu, perangkat lunak yang termasuk dalam produk generik misalnya perangkat lunak sistem operasi, pernagkat lunak pendukung perkantoran untuk membuat dokumen, slide  presentasi, atau penghitungan dalam bentuk papersheet dan lain-lain.
·           Produk pemesanan
Produk pemesanan merupakan produk perangkat lunak yang dibuat karena ada pelanggan yang melakukan pemesanan, misalnya instansi memerlukan perangkat lunak untuk kebutuhan bisnis dalam instansi nya, maka instansi tersebut akan bekerja sama dengan pengembang untuk membuat perangkat lunak yang dibutuhkan
Sumber : Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Indonesia: Informatika, 2014.

1 komentar: